SOAL TUGAS KE-1 BAHASA INDONESIA KELAS VII
Bacalah kedua teks deskripsi berikut ini dengan saksama!
Teks 1
Tara Gambyong
Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu re- sepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu. 2 Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil. Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong. Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah mir- ing yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg).
Teks 2
Tari Kecak
Tari Kecak merupakan pertunjukan seni khas Bali yang diciptakan tahun 1930-an. Tari itu dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Pada saat menari, mereka menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka.
Tarian ini merupakan gambaran kisah Ramayana tatkala barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Rama ingin membebaskan Shinta yang diculik oleh Rahwana. Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies. Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang. Ketika itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan. Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala. Ritual ini kemudian diadopsi oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies menjadi sebuah seni pertunjukkan oleh umum dan ditampilkan di berbagai negara di Eropa dengan nama Tari Kecak.
Pilihlah salah satu jawaban yang benar!
1. Tari
Gambyong adalah....
A.
Tarian
penyambutan tamu kehormatan
B.
Tarian
untuk menyambut tamu atau mengawali resepsi pernikahan.
C.
Tarian
syukur atas hasil penen.
D.
Tarian
pengobatan orang sakit.
2.
Tari
Gambyong dinamai demikian karena....
A.
Sesuai
dengan nama penari bernama Gambyong yang mahir menari dan memiliki suara merdu
pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta.
B.
Sesuai
dengan nama tarian bernama Gambyong yang mahir menari dan memiliki suara merdu
pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta.
C.
Sesuai
dengan nama dewi kecantikan bernama Gambyong yang mahir menari dan memiliki
suara merdu pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta.
D.
Sesuai
dengan nama penari bernama Gambayong yang mahir menari dan memiliki suara merdu
pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta.
3.
Koreografi
tari Gambyong sebagian berpusat pada penggunaan....
A.
gerak
leher, gerak jari, dan gerak tumit.
B.
gerak
mata, gerak jari, gerak lengan
C.
gerak
kaki, tubuh, lengan, dan kepala.
D.
gerak
mata, gerak pinbggul, dan gerak jari
4.
Gerak
srisig adalah....
A. Kaki kiri
bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki
kiri.
B. Gerak kaki ke
samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai.
C. Gerak dengan
posisi lutut yang membuka bergerak ke bawah dan ke atas.
D. Gerak dengan
sikap beridiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil.
5.
Nacah
Miring adalah....
A. Kaki kiri
bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki
kiri.
B. Gerak kaki ke
samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai.
C. Gerak dengan
posisi lutut yang membuka bergerak ke bawah dan ke atas.
D. Gerak dengan
sikap beridiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil.
6.
Tari
kecak berasal dari daerah....
A. Sulawesi
Tenggara C.
Sumatra Utara
B. Bali D.
Jawa tengah
7.
Tari
kecak diciptakan pada tahun....
A.
1930-an B.1940-an C.1950-an D.1960-an
8.
Hal
yang khas dari tariab kecak adalah....
A. Menyerukan kata
“kecak” dengan irama tertentu pada saat menari seraya mengangkat kedua
lengannya.
B. Menyerukan kata
“cak” dengan irama tertentu pada saat menari seraya mengangkat kedua lengannya.
C. Menyerukan kata
“cak” dengan irama tertentu pada saat menari seraya mengangkat kedua kakinya.
D. Menyerukan kata
“cak” dengan irama tertentu pada saat menari seraya menggeleng-gelengkan
kepalanya.
9.
Tari
Kecak diciptakan oleh....
A.
I
Wawan Limbak dan Walter Spies
B.
I
Wayan Limbak dan Walter Spies
C.
I
Watan Limbak dan Walter Spies
D.
I
Waman Limbak dan Walter Spies
10.
Tujuan
ritual Sanghyang pada masyarakat Bali adalah....
A. ritual
memanggil roh leluhur C.ritual
penyambutan tamu
B. ritual untuk
menolak bala D.
ritual mengusur roh jahat
11.
Dian mahir
menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman
itu.
Kalimat di atas menggunakan
konjungsi.....
A.
Mahir dan sehingga C. dan dan sehingga
B.
dan dan menjadi D.
sehingga dan menjadi
12.
Konjungsi
yang digunakan dalam kalimat di atas bermakna....
A.
Penambahan dan sebab-akibat C.
penambahan dan perlawanan
B.
Perlawanan dan pilihan D. pilihan dan sebab-akibat
13.
Tarian
kecak merupakan gambaran kisah Ramayana tatkala barisan kerja membantu Rama
dalam melawan Rahwana.
Kata yang tidak berimbuhan dalam
kalimat di atas terdapat pada....
A.
merupakan-gambaran-barisan C.
gambaran-barisan-melawan
B.
merupakan-membantu-dalam D.
merupakan-barisan-membantu
14.
Kata
dasar dari kata menghasilkan adalah....
A.
Menghasil B.hasil
C.hasilkan D. menghasilkan
15.
Berikut
ini yang bukan merupakan kelompok
kata (frasa) adalah....
A.rendah hati B. rumah sakit C.tinggi
hati D. rambut putih
16.
Tari
Gambyong merupakan tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi
perkawinan. Koreografi dalam tarian ini sebagian besar berpusat pada beberapa
gerak.
Kata yang merujuk pada Tari Gambyong
adalah....
A.
tarian B.tarian ini C.dalam d. berpusat
17.
Berikut
ini kata yang penulisannya benar(baku) adalah....
A.
motivasi,
apotek, putera C.
objektip, anugrah, karna
B.
putri,
laki, dan tau D.
inopasi, obserpasi, propesional
18.
Penggunaan
tanda baca berikut ini yang tidak benar adalah....
A.
Rina
ingin pergi berlibur ke Bali, tetapi tidak diijinkan.
B.
Mengapa
kejadian itu bisa terjadi?
C.
Mereka
akan berangkat ke Kuala Lumpur besok.
D.
Aku
membawa makanan, minuman dan obat-obatan.
19.
Tari
Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Pada saat
menari mereka menyerukan kata “cak”.
Kata mereka merujuk pada kata....
A.Tari Kecak B.puluhan laki-laki C.menari D.orang
20.
Kata
berimbuhan dalam kalimat di atas adalah....
A.
dimainkan,
dalam, berbaris, melingkar, menari, menyerukan
B.
dimainkan,
duduk, berbaris, melingkar, menari, menyerukan
C.
dimainkan,
mereka, berbaris, melingkar, menari, menyerukan
D.
dimainkan,
puluhan, berbaris, melingkar, menari, menyerukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar