SMP
KATOLIK SANTU PETRUS
Soal Latihan Uji
Pacu Prestasi Bahasa Indonesia untuk Kelas IX
I. Pilihlah jawaban yang benar dengan member silang (X)
pada jawaban yang benar!
1.
Bacalah bacaan berikut ini dengan seksama
Kini
populasi spesies burung yang berbulu
megah dan anggun ini kian berkurang akibat perburuan habitatnya terpecah karena
perubahan lahan. Burung tersebut lebih dikenal dengan nama Merak Hijau atau
Merak Jawa.Tren populernya terus
menurun padahal burung
itu salah satu burung tercantik di Indonesia.
Gagasan utama paragraf pertama tersebut adalah ….
burung
berbulu indah di Indonesia
A.
populasi
merak hijau mulai punah *
B.
penyebaran
burung dari Jawa
C.
burung yang mulai punah
D. tren populer burung merak terus menurun.
2.
Bacalah
bacaan berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!
Teks 1:
Di Seruni Aquatic Stadium
Cisarua, Bogor, Jawa Barat dilangsungkan Kejuaraan Polo Air Yunior Asia. Selasa
(12/10) Tim polo air Indonesia meraih peringkat kelima di kejuaraan tersebut.
Kejuaraan itu diikuti 12 negara.
Teks 2:
Pebulu tangkis utama Indonesia
menjanjikan hasil terbaik pada Turnamen Grand Prix Gold Indonesia. Di
Samarinda, Kalimantan Timur, turnamen itu dilaksanakan. Turnamen itu
dilaksanakan Rabu, (13/10).
Persamaan
isi kutipan berita tersebut adalah tentang ....
A. olahraga*
B. tempat
C. waktu
D. hasil
3.
Perbedaan
penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
Teks
1 Teks 2
A. siapa, kapan, apa apa, dimana,
siapa
B. di mana, apa, siapa siapa, di mana,kapan
C. kapan, apa, siapa di mana, apa,
kapan
D. di mana, kapan apa siapa, di mana,
kapan*
4.
Bacalah kutipan teks berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Andrea Hirata Seman Said Harun lahir di Belitung, 24 Oktober 1982, Andrea Hirata sendiri merupakan anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan N.A. Masturah. Ia dilahirkan di sebuah desa yang termasuk desa
miskin dan letaknya yang cukup terpelosok di Belitung. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan
memang cukup mempengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Ia mengaku lebih banyak
mendapatkan motivasi dari keadaan di sekelilingnya yang banyak memperlihatkan
keperihatinan.
Andrea tumbuh seperti halnya anak-anak kampung
lainnya. Dengan segala keterbatasan, Andrea tetap menjadi anak periang yang
sesekali berubah menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain itu, ia
juga kerap memiliki impian dan mimpi-mimpi masa depannya. Seperti yang
diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sebuah
sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan hampir rubuh, meski
begitu, ia tetap semangat belajar. Sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut
diakui Andrea cukuplah memperihatinkan.
Keistimewaan tokoh tersebut
adalah ...
A. Motivasi belajarnya tinggi
meskipun minim sarana.*
B. Andrea pernah bersekolah di SD
Muhammadiyah.
C. Andrea dilahirkan di desa miskin
dan terpelosok.
5.
Sifat
yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. periang*
B. pemurung
C. pemarah
D. pemalas
6. (1)
Anda ingin lebih langsing dan sehat, jangan bingung. (2)
Telah hadir produk yang sehat dan berkualitas. (3) Pakailah produk ”Jamien”,
yang mujarab. (4) Produk ini telah menurunkan berat badan Bu Rahmat dari 80 kg
menjadi 70 kg. (5) Anda berminat, hubungi Griya Sehat, Jalan Kesehatan No. 11
Jambi.
Kalimat fakta dalam
iklan tersebut ditandai dengan ....
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
(4) dan (5)*
7.
Bacalah paragraf berikut dengan
saksama!
Letusan
Gunung Merapi,
Senin (1/11), menguak betapa banyak fenomena yang terjadi. Salah satunya adalah
asap solfatara atau awan yang
terlihat membentuk sebuah gambar tokoh pewayangan, Petruk. Asap itu dikenal
dengan nama awan Mbah Petruk. Sekitar lima jam setelah kemunculan awan Mbah
Petruk, Gunung Merapi tersebut meletus. Hal seperti itu terulang sampai dua
kali.
Simpulan
paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Awan Mbah Petruk yang muncul
berbeda dengan asap solfatara.
B. Tokoh Petruk dikenal sebagai
tokoh yang suka jahil dalam cerita pewayangan.
C. Munculnya awan Mbah Petruk
menjadi penanda Gunung Merapi akan meletus.*
D. Lima jam sebelum Gunung Merapi
meletus tidak ditemukan awan Mbah Petruk.
8.
Bacalah kutipan puisi berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 13 dan 14!
Bangunlah
Ibu Pertiwiku
Kami saksikan suasana luka lara
menerpa Ibu Pertiwi
Kami tak habis pikir
Apa gerangan engkau bersedih
Mengapa keadaanmu begitu mengkhawatirkan
begitu mencemaskan
menerpa Ibu Pertiwi
Kami tak habis pikir
Apa gerangan engkau bersedih
Mengapa keadaanmu begitu mengkhawatirkan
begitu mencemaskan
Kami tahu kami begitu durhaka
Tak pernah berbakti kepadamu
Kerusakan, perpecahan, pertikaian, banyak kami lakukan
Tak pernah berbakti kepadamu
Kerusakan, perpecahan, pertikaian, banyak kami lakukan
Dan hanyalah maaf yang dapat kami
pinta
Selagi engkau masih mau menerima
Di hati kami tak ada bisikan selain minta maaf,
dan menyaksikan engkau bangun
melawan keruntuhan itu
Selagi engkau masih mau menerima
Di hati kami tak ada bisikan selain minta maaf,
dan menyaksikan engkau bangun
melawan keruntuhan itu
Tema kutipan puisi tersebut
adalah ....
A.
Manusia
yang menyesali masa lalu
B.
Kehidupan
yang semakin menderita
C.
Keresahan
manusia terhadap alam
D.
Harapan
supaya Ibu Pertiwi bangkit*
9.
Larik
bermajas pada kutipan puisi tersebut terletak pada ....
A.
Larik
ketiga bait pertama
B.
Larik
keempat bait pertama*
C.
Larik
pertama bait kedua
D.
Larik
ketiga bait ketiga
10. Bacalah
kutipan puisi berikut dengan saksama!
Puisi 1
Saat ku
menyerah
Aku coba sampai bisa
Saat ku putus asa
Aku coba berlatih keras
Aku coba sampai bisa
Saat ku putus asa
Aku coba berlatih keras
Saat aku
kebingungan
Kucoba untuk bertanya
Saat aku bersemangat
Semangatku menyala nyala
Kucoba untuk bertanya
Saat aku bersemangat
Semangatku menyala nyala
Puisi 2
semut itu
begitu kecil tubuhmu
berangkat bertaut pijak
gotong gotong dalam ketangguhan
benda sebesar gunungpun pastikan terangkat
begitu kecil tubuhmu
berangkat bertaut pijak
gotong gotong dalam ketangguhan
benda sebesar gunungpun pastikan terangkat
hidupmu ajarkan
kebersamaan saling gandeng tangan tuk semua urusan
Perbedaan amanat kedua puisi
tersebut adalah ...
A.
Puisi
1: Tetap semangat dalam menghadapi masalah.
Puisi 2: Dalam hidup ini
hendaknya selalu bekerja sama. *
B.
Puisi
1: Lebih baik tangan di atas daripada di
bawah.
Puisi 2: Setiap orang mempunyai
kebebasan bekerja.
C.
Puisi
1: Saling bergandengan tangan setiap saat.
Puisi 2: Tetap semangat
menjalani hidup meski sulit.
D.
Puisi 1: Setiap orang mempunyai
kebebasan bekerja.
Puisi
2: Lebih baik tangan di atas daripada di bawah.
10. Bacalah kutipan cerpen berikut!
...
Di bawah pohon waru, Saidah sedang menggelar dagangannya nasi pecel. Jakun
Karyamin turun naik, ususnya terasa pedih. (1)
“
Masih pagi kok pulang, Min?” tanya Saidah, “Sakit?” (2)
Karyamin
menggeleng dan tersenyum. Saidah memperhatikan bibirnya yang membiru dan kedua
telapak tangannya yang pucat. Setelah dekat, Saidah mendengar suara kuruyuk
dari perut Karyamin. (3)“Makan, Min?”
“Tidak,
beri aku minum saja. Lenganmu sudah ciut seperti itu, aku tak ingin menambah
utang,”
“Iya,
Min, iya. Tetapi kamu lapar, kan?” (4)...
Bukti latar tempat pada kutipan
cerpen tersebut ditandai dengan nomor
....
A.
(1);
(2)
B.
(2);
(3)
C.
(1);
(4)*
D.
(2);
(4)
11.
Bacalah kutipan cerpen berikut
untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!
... Acara wisata berubah menjadi
acara kelompok PMR karena kawan-kawanku berusaha menolong kakek yang tak
berdaya itu. “Kita ini pergi untuk wisata
atau praktik PMR?”
“Ulil, teganya mengatakan itu.
Lihat kakek ini butuh bantuan,” sahut Avanti sengit.
“Farkhan, segera hubungi petugas
perkebunan. Beritahukan kejadian ini!” perintah Rendy kepada Farkhan.
Tanpa menjawab perintah Rendy,
Farkhan langsung berlari menuju kantor perkebunan untuk meminta bantuan pertolongan.
...
Bukti watak tokoh Avanti
perhatian pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Mengajak Ulil meninggalkan kakek
yang sakit.
B. Memarahi Ulil yang tidak mau
menolong kakek.*
C. Meminta Farkhan segera memanggil
kakek.
D. Menyesali karena kegiatan mereka
terganggu.
12. Cara pengarang menggambarkan
watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. melalui
dialog antartokoh*
B. sikap dan
pembicaraan tokoh
C. diceritakan
tokoh yang lain
D. pelukisan
watak oleh pengarang
13. Perhatikan bacaan berikut ini!
...”Ika,
mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun
berjuang untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini, kapan saja kamu
mau. Bicara dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban
beratnya sudah hilang. ...
Amanat pada kutipan cerita
tersebut adalah ...
A. Kita harus bermusyawarah
untuk mufakat.
B. Dalam hidup ini kita harus
memiliki tujuan.
C. Setiap permasalahan yang
terjadi selalu ada
solusinya.
D. Jika kita menghadpi masalah, jangan
mudah berputus
asa.*
14. Perhatikan kutipan novel berikut ini!
..."Aku tak kuat?" keluh Olivia. “Kamu harus bertahan demi pertandingan kita. Semua harapan tergantung
pada kekuatanmu,” lanjutnya.
Olivia
mengangguk. Sebenarnya, dia sudah tidak bisa bertahan. Namun, rasanya ia sudah
sulit bernapas. Ia tidak ingin mengecewakan harapan teman-temannya. Namun,
entah mengapa ada kekuatan dalam dirinya yang membuatnya bertahan. Ia
menguatkan diri supaya teman-temannya tidak khawatir. Ia berusaha berdiri dan
berjalan ke tengah lapangan. ...
Konflik kutipan cerita tersebut
adalah ...
A. Olivia mengatakan jika dirinya
sudah tidak kuat bertahan.*
B. Sava memaksa Olivia untuk terus
melanjutkan pertandingan.
C. Olivia dan Sava sepakat untuk
melanjutkan pertandingan.
D. Teman-teman Olivia meminta
supaya Olivia beristirahat.
15. Perhatikan kedua kutipan novel
berikut!
Kutipan 1
... Oto berhenti di muka rumah. Suparta turun, lalu membuka pintu di tempat duduk Ratna dan
membimbing tangan istrinya serta menurunkan dia dengan perkataan,
“Selamat datang ke pondok kita, Nana!” Ratna amat tercengang melihat papan
yang dilekatkan di depan rumah, di bawah atapnya, yang berukir perkataan
“RATNA”. ...
Kutipan
2
...”Tentu, telah saya sering saya
mimikirkannya itu. Ada hati saya tertarik ke sana. Tetapi agaknya tertarik itu
terutama disebabkan keinginan hendak tahu sesuatu yang belum diketahui. Kalau
sudah tahu...takut saya kalau-kalau saya ingin pulang kembali ke pulau Jawa
ini. Tetapi janganlah engkau susahkan benar, di mana engkau merasa senang, saya
akan merasa senang di sisimu.” ...
Perbedaan sudut pandang kedua
kutipan novel tersebut adalah ....
Kutipan
Novel I Kutipan
Novel II
A. Tokohnya ada empat orang Tokohnya ada empat oran
B. Amanatnya jelas Amanatnya tidak ada
C. Latar tempatnya tidak jelas Latar tempatnya jelas
D. Sudut pandang orang ketiga Sudut pandang orang pertama*
16. Perhatikan ilustrasi berikut!
Ketua OSIS SMP Mandiri akan melaksanakan bakti sosial. Ia mengundang
ketua kelas 7, 8, dan 9 untuk persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut.
Isi
pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Harap segera mengumpulkan bahan
makanan untuk kegiatan bakti sosial.
B. Seluruh ketua kelas, harap ke
ruang OSIS untuk rapat persiapan bakti sosial.*
C. Bakti sosial akan segera
dilaksanakan, harap berkumpul untuk rapat persiapan.
D. Segera dikemas baju bekas layak
pakai yang
akan disumbangkan ke yayasan.
17. Perhatikan beberapa kalimat
berikut!
1. Pemimpin upacara menyiapkan
barisan.
2. Bel masuk sekolah berbunyi tiga
kali.
3. Semua siswa kumpul di lapangan
upacara.
4. Setelah 1 jam, akhirnya siswa kembali ke kelas.
5. Pembina upacara memberi pidato
tentang Hardiknas.
Kalimat-kalimat
tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….
A.
(3)
- (1) - (4) - (5) - (2)
B.
(2)
- (1) - (5) - (3) - (4)
C.
(3)
- (4) - (1) - (5) - (2)
D.
(2)
- (3) - (1) - (5) - (4)*
18. Bacalah
bacaan berikut!
Jakarta identik dengan kemacetan lalu lintas. Jika lalu
lintas tidak macet, itu bukan Jakarta namanya. Menghabiskan waktu satu dua jam
untuk berangkat kerja dan pulang ke rumah itu adalah tantangan yang sehari-hari
dihadapi oleh warga Jakarta.
Kita harus mengurai sebab kemacetan lalu lintas di
Jakarta. Keinginan untuk mengurai kemacetan itu bukan tidak ada. Hanya kita
belum tahu dari mana harus memulainya. Persoalannya, macet di Jakarta itu bukan
hanya karena pertambahan jumlah kendaraan bermotor. Tetapi juga karena tidak
seimbang dengan pertambahan panjang ruas jalan dan masih ada banyak faktor yang
tumpang tindih.
Rangkuman
dari bacaan tersebut adalah ...
A.
Jika tidak macet, itu bukan Jakarta namanya.
B.
Kemacetan lalu lintas di Jakarta harus diurai
penyebabnya.
C.
Keseimbanganya jumlah kendaraan dengan panjang ruas
jalan.
D.
Kemacetan di Jakarta sudah sulit untuk dicari apa
penyebabnya.*
19. Perhatikan ilustrasi berikut!
Kebakaran
rumah terjadi di Jalan Sunan Bonang No. 16 Jambi. Tidak ada korban jiwa karena
rumah kosong. Kejadian itu pada pukul 00.15, Jumat, 30 Desember 2011. Penyebab
kebakaran masih diselidiki.
Paragraf
teks berita yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya
pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16,
Jambi. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Polisi sedang menyelidiki
penyebab musibah kebakaran tersebut.*
B. Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya
pukul 12.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16,
Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting
arus pendek. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
C. Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya
pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16,
Jambi. Penyebab kebakaran diduga kompor meledak. Tidak ada korban jiwa karena
rumah kosong.
D. Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya
pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16,
Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting
arus pendek. Ada dua korban jiwa yang tidak tertolong.
20. Perhatikan ilustrasi berikut!
OSIS
SMP Katolik Santu Petrus mengadakan Lomba Membaca Alkitab.
Tujuannya ingin meningkatkan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Slogan
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Lomba Membaca Alkitab tingkatkan rasa
kesenian.
B. Dengan Lomba Membaca Alkitab, kita
tingkatkan iman.*
C. Dengan lomba Membaca Alkitab kenalkan
budaya daerah.
D. Lomba Membaca Alkitab pertebal rasa
budaya kebangsaan.
21. Bacalah
tema berikut!
Tema
karya ilmiah: Perpustakaan digital
penunjang kegiatan pembelajaran
Rumusan
masalah karya ilmiah yang
tepat berdasarkan tema tersebut adalah …
A.
Siapa
saja pengurus perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?
B.
Di
mana terdapat perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?
C.
Mengapa
perpustakaan digital sangat diperlukan keberadaannya di sekolah-sekolah?
D.
Bagaimana
peran perpustakaan digital dalam menunjang kegiatan pembelajaran?*
22. Bacalah
simpulan karya ilmiah berikut!
Berdasarkan
penelitian, masalah kemacetan lalu lintas pada jam-jam sibuk dapat dikurangi
bila pengendara berdisiplin dalam berlalu lintas.
Saran
yang tepat berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah …
A.
Pengendara
wajib menyadari pentingnya disiplin berlalu lintas.*
B.
Sebaiknya
sarana jalan raya di perluas sehingga kendaraan lancar.
C.
Pemerintah
sudah mengupayakan pelebaran sarana angkutan darat.
D.
Pemerintah
selama ini sudah tertib menjalankan disiplin lalu lintas.
23. Cermatilah
kalimat berikut!
Sumbangan
yang dalam bentuk daripada buku semacam ini layak agar dipertimbangkan.
Kalimat tersebut akan efektif
bila dihilangkan kata ….
A. yang, layak, agar.
B. yang, daripada, agar*
C. dalam, bentuk, daripada
D. bentuk, daripada, buku
24. Bacalah
paragraf berikut!
Kota
Lisboa di Portugal juga pernah mengalami tsunami hebat. tepatnya pada 1
November 1755 yang menewaskan lebih dari 60 ribu jiwa. Jauh sebelum tsunami
Aceh (Desember 2004) dan kepulauan Mentawai (Oktober silam). Selat Sunda pernah
mengalaminya setelah Gunung Krakatau Meletus pada 27 Agustus 1883.
Perbaikan
penulisan huruf yang tepat pada paragraf tersebut adalah ....
Tertulis Perbaikan
A.
Lisboa,
tsunami, tepatnya lisboa, Tsunami, Tepatnya
B.
tepatnya,
Sunda, Gunung Tepatnya, sunda, gunung
C.
tepatnya, kepulauan,
Meletus Tepatnya,
Kepulauan, meletus*
D.
tsunami,
Selat, Meletus Tsunami, selat, meletus
25. Bacalah bacaan berikut ini!
Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perpustakaan sekolah sebagai sumber
pembelajaran ternyata masih jarang dikunjungi siswa karena beberapa penyebab.
Penyebab tersebut adalah koleksi perpustakaan yang kurang lengkap ruangan perpustakan
kurang kondusif dan masih kurangnya minat baca siswa
Penggunaan
tanda baca yang tepat untuk kesimpulan tersebut adalah ....
A. Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma
(,). Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.
Tanda baca koma (,) setelah kondusif. Tanda baca titik (.) setelah kata minat.
B. Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma
(,). Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.
Tanda baca koma (,) setelah kondusif. Tanda baca titik (.) setelah kata siswa. *
C. Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma
(,). Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.
Tanda baca koma (,) setelah kondusif. Tanda baca titik (.) setelah kata ruangan.
D. Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma
(,). Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.
Tanda baca koma (,) setelah kondusif. Tanda baca titik (.) setelah kata koleksi.
26. Bacalah
pantun berikut!
Kalau hendak
menggulai kerang
Jemur dahulu supaya
merekah
[...]
Berlaku jujur dalam
bertingkah
Larik yang tepat
untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A. Kalau hendak
dihargai orang*
B. Mari kita semua
bersyukur
C. Sifat jujur modal
utama
D. Ingin jadi anak baik
27. Perhatikan
kutipan puisi berikut!
Sungai
Batanghari
Tempat
nelayan mencari ikan
Sebagai
sarana lalu lintas
Geliat
ekonomi di nadimu
Seiring
berlalunya [...]
Kini,
usiamu smakin tua
Senyummu
tak lagi [...]
Oh
Sungai Batanghariku...
Pilihan
kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. waktu, berseri*
B. muda, waktu
C. berseri, muda,
D. waktu, muda
28. Perhatikan
kutipan puisi berikut!
Laut
yang indah
Ombak
berkejaran
[...]
Tak
kenal lelah
Terus
berlari-berlari
Larik
bermajas yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut adalah ….
A. Perahu para nelayan
B. Putih warna pasir*
C. Berlari ke pantai
D. Langit cerah sekali
29. Majas yang menonjol dalam larik
kutipan puisi di atas adalah...
A. Majas hiperbola C. Majas ironi
B. Majas persinifikasi* D. Majas
alegori
30. Cermatilah bait puisi berikut!
Bintang
Malam
itu […]
Kau
penuhi pesona langit
Terangi
hamparan bumi
Keindahan
dan kekuatanmu
Begitu
sempurna menawan hati
Larik
bermajas yang tepat untuk melengkapi bait puisi tersebut adalah …
A.
planet
bintang
B.
bintang
terang*
C.
bintang
di langit
D.
kau
tak tidur
II. Cermatilah puisi berikut ini, kemudian kerjakan
sesuai dengan perintah!
Penantian
Tak Berujung
Dalam termangu aku menunggu
Wahai belahan hati yang tak kunjung menyapa
Kumenanti bersama lantunan rindu
Petikanan gitar dengan nada senada
Goresan pena meliuk-liuk menari
Tuangkan segala gundah di hati
Sperti pungguk yang tak lelah menanti
Datangnya sang pujaan hati
Angin malam berbisik lembut
Sampaikan kerinduan yang manampar hati
Perasaanku menjadi kusut
Gundah gulana perih di hati
Penantian ini seperti tak berujung
Tanpa tempat perhentian yang pasti
1. Tuliskan larik-larik bermajas yang terdapat dalam larik puisi di atas!
Jawaban:
§
Wahai belahan hati yang tak kunjung menyapa
§
Kumenanti bersama lantunan rindu
§
Goresan pena meliuk-liuk menari
§
Sperti pungguk yang tak lelah menanti
§
Datangnya sang pujaan hati
§
Angin malam berbisik lembut
§
Sampaikan kerinduan yang manampar hati
§
Perasaanku menjadi kusut
2. Jelaskan sajak yang dugunakan pada bait 1,2, da 3!
a. Sajak bait ke-1 : a-b-a-b
b. Sajak bait ke-1 : a-a-a-a
c. Sajak bait ke-1 : a-b-a-b
3. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang diceritakan dalam puisi!
Sesorang
yang sedang menanti kekasihnya yang tidak kunjung hadir dan seperti menantikan
sesuatu yang belum pasti.
Bagaimana
suasana yang tergambar dalam puisi? Puisi di atas menggambarkan suasana yang sedang
sedih. Dapat dilihat dari lirik yang menyatakan “Perasaan menjadi kusut”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar