Rabu, 08 Oktober 2014

Soal latihan Uji Pacu Prestasi Bahasa Indonesia Kelas IX



SMP KATOLIK SANTU PETRUS
Soal Latihan Uji Pacu Prestasi Bahasa Indonesia untuk Kelas IX

I.    Pilihlah jawaban yang benar dengan member silang (X) pada jawaban yang benar!
1.     Bacalah bacaan berikut ini dengan seksama
Kini populasi spesies  burung yang berbulu megah dan anggun ini kian berkurang akibat perburuan habitatnya terpecah karena perubahan lahan. Burung tersebut lebih dikenal dengan nama Merak Hijau atau Merak Jawa.Tren populernya terus menurun padahal burung itu salah satu burung tercantik di Indonesia.
Gagasan utama paragraf pertama tersebut adalah ….
burung berbulu indah di Indonesia
A.     populasi merak hijau mulai punah *
B.     penyebaran burung dari Jawa
C.     burung yang mulai punah 
D.  tren populer burung merak terus menurun.
2.    Bacalah bacaan berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!
Teks 1:
Di Seruni Aquatic Stadium Cisarua, Bogor, Jawa Barat dilangsungkan Kejuaraan Polo Air Yunior Asia. Selasa (12/10) Tim polo air Indonesia meraih peringkat kelima di kejuaraan tersebut. Kejuaraan itu diikuti 12 negara.

Teks 2:
Pebulu tangkis utama Indonesia menjanjikan hasil terbaik pada Turnamen Grand Prix Gold Indonesia. Di Samarinda, Kalimantan Timur, turnamen itu dilaksanakan. Turnamen itu dilaksanakan Rabu, (13/10).
Persamaan isi kutipan berita tersebut adalah tentang ....
A.     olahraga*  
B.     tempat
C.     waktu
D.     hasil
3.    Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
Teks 1                                           Teks 2
A.    siapa, kapan, apa                                apa, dimana, siapa
B.    di mana, apa, siapa                             siapa, di mana,kapan
C.    kapan, apa, siapa                                 di mana, apa, kapan
D.   di mana, kapan apa                            siapa, di mana, kapan*
4.    Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Andrea Hirata Seman Said Harun lahir di Belitung, 24 Oktober 1982, Andrea Hirata sendiri merupakan anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan N.A. Masturah. Ia dilahirkan di sebuah desa yang termasuk desa miskin dan letaknya yang cukup terpelosok di Belitung. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup mempengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Ia mengaku lebih banyak mendapatkan motivasi dari keadaan di sekelilingnya yang banyak memperlihatkan keperihatinan.
Andrea tumbuh seperti halnya anak-anak kampung lainnya. Dengan segala keterbatasan, Andrea tetap menjadi anak periang yang sesekali berubah menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian dan mimpi-mimpi masa depannya. Seperti yang diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan hampir rubuh, meski begitu, ia tetap semangat belajar. Sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah memperihatinkan.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A.     Motivasi belajarnya tinggi meskipun minim sarana.*
B.     Andrea pernah bersekolah di SD Muhammadiyah.
C.     Andrea dilahirkan di desa miskin dan terpelosok.
5.    Sifat yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A.     periang*
B.     pemurung
C.     pemarah
D.     pemalas
6.    (1) Anda ingin lebih langsing dan sehat, jangan bingung. (2) Telah hadir produk yang sehat dan berkualitas. (3) Pakailah produk ”Jamien”, yang mujarab. (4) Produk ini telah menurunkan berat badan Bu Rahmat dari 80 kg menjadi 70 kg. (5) Anda berminat, hubungi Griya Sehat, Jalan Kesehatan No. 11 Jambi.
Kalimat fakta dalam  iklan tersebut ditandai dengan ....
A.     (1) dan (2)
B.     (2) dan (3)
C.     (3) dan (4)
D.     (4) dan (5)*
7.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Letusan Gunung Merapi, Senin (1/11), menguak betapa banyak fenomena yang terjadi. Salah satunya adalah asap solfatara atau awan yang terlihat membentuk sebuah gambar tokoh pewayangan, Petruk. Asap itu dikenal dengan nama awan Mbah Petruk. Sekitar lima jam setelah kemunculan awan Mbah Petruk, Gunung Merapi tersebut meletus. Hal seperti itu terulang sampai dua kali.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A.     Awan Mbah Petruk yang muncul berbeda dengan  asap solfatara.
B.     Tokoh Petruk dikenal sebagai tokoh yang suka jahil dalam cerita pewayangan.
C.     Munculnya awan Mbah Petruk menjadi penanda Gunung Merapi akan meletus.*
D.     Lima jam sebelum Gunung Merapi meletus tidak ditemukan awan Mbah Petruk.
8.    Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 13 dan 14!
Bangunlah Ibu Pertiwiku
Kami saksikan suasana luka lara
menerpa Ibu Pertiwi
Kami tak habis pikir
Apa gerangan engkau bersedih
Mengapa keadaanmu begitu mengkhawatirkan
begitu mencemaskan
Kami tahu kami begitu durhaka
Tak pernah berbakti kepadamu
Kerusakan, perpecahan, pertikaian, banyak kami lakukan
Dan hanyalah maaf yang dapat kami pinta
Selagi engkau masih mau menerima
Di hati kami tak ada bisikan selain minta maaf,
dan menyaksikan engkau bangun
melawan keruntuhan itu
Tema kutipan puisi tersebut adalah ....
A.     Manusia yang menyesali masa lalu
B.     Kehidupan yang semakin menderita
C.     Keresahan manusia terhadap alam
D.     Harapan supaya Ibu Pertiwi bangkit*

9.    Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terletak pada ....
A.     Larik ketiga bait pertama
B.     Larik keempat bait pertama*
C.     Larik pertama bait kedua
D.     Larik ketiga bait ketiga
10.  Bacalah kutipan  puisi berikut dengan saksama!
Puisi 1
Saat ku menyerah
Aku coba sampai bisa
Saat ku putus asa
Aku coba berlatih keras
Saat aku kebingungan
Kucoba untuk bertanya
Saat aku bersemangat
Semangatku menyala nyala
Puisi 2
semut itu
begitu kecil tubuhmu
berangkat bertaut pijak
gotong gotong dalam ketangguhan
benda sebesar gunungpun pastikan terangkat
hidupmu ajarkan kebersamaan saling gandeng tangan tuk semua urusan
Perbedaan amanat kedua puisi tersebut adalah ...
A.    Puisi 1: Tetap semangat dalam menghadapi masalah.
Puisi 2: Dalam hidup ini hendaknya selalu bekerja sama. *
B.    Puisi 1:  Lebih baik tangan di atas daripada di bawah.
Puisi 2: Setiap orang mempunyai kebebasan bekerja.
C.    Puisi 1: Saling bergandengan tangan setiap saat.
Puisi 2: Tetap semangat menjalani hidup meski sulit.
D.   Puisi 1: Setiap orang mempunyai kebebasan bekerja.
Puisi 2: Lebih baik tangan di atas daripada di bawah.
10.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
... Di bawah pohon waru, Saidah sedang menggelar dagangannya nasi pecel. Jakun Karyamin turun naik, ususnya terasa pedih. (1)
“ Masih pagi kok pulang, Min?” tanya Saidah, “Sakit?” (2)
Karyamin menggeleng dan tersenyum. Saidah memperhatikan bibirnya yang membiru dan kedua telapak tangannya yang pucat. Setelah dekat, Saidah mendengar suara kuruyuk dari perut Karyamin. (3)“Makan, Min?”
“Tidak, beri aku minum saja. Lenganmu sudah ciut seperti itu, aku tak ingin menambah utang,”
“Iya, Min, iya. Tetapi kamu lapar, kan?” (4)...
Bukti latar tempat pada kutipan cerpen tersebut ditandai dengan nomor  ....
A.     (1); (2)
B.     (2); (3)
C.     (1); (4)*
D.     (2); (4)
11.   Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!
... Acara wisata berubah menjadi acara kelompok PMR karena kawan-kawanku berusaha menolong kakek yang tak berdaya itu. “Kita ini pergi untuk wisata  atau praktik PMR?”
“Ulil, teganya mengatakan itu. Lihat kakek ini butuh bantuan,” sahut Avanti sengit.
“Farkhan, segera hubungi petugas perkebunan. Beritahukan kejadian ini!” perintah Rendy kepada Farkhan.
Tanpa menjawab perintah Rendy, Farkhan langsung berlari menuju kantor perkebunan untuk meminta bantuan pertolongan. ...
Bukti watak tokoh Avanti perhatian pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.     Mengajak Ulil meninggalkan kakek yang sakit.
B.     Memarahi Ulil yang tidak mau menolong kakek.*
C.     Meminta Farkhan segera memanggil kakek.
D.     Menyesali karena kegiatan mereka terganggu.
12.  Cara pengarang menggambarkan watak tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A.     melalui dialog antartokoh*
B.     sikap dan pembicaraan tokoh
C.     diceritakan tokoh yang lain
D.     pelukisan watak oleh pengarang
13.  Perhatikan bacaan berikut ini!
...”Ika, mari kita sama-sama berjuang. Oma akan berjuang melawan penyakit Oma. Kamu pun berjuang untuk menyesuaikan diri di Jakarta. Datanglah ke sini, kapan saja kamu mau. Bicara dengan Oma!” kata Oma Nani. Ika menghapus air matanya. Beban beratnya sudah hilang. ...
Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A.     Kita harus bermusyawarah untuk mufakat.
B.     Dalam hidup ini kita harus memiliki tujuan.
C.     Setiap permasalahan yang terjadi selalu ada solusinya.
D.     Jika kita menghadpi masalah, jangan mudah berputus asa.*
14.  Perhatikan kutipan novel berikut ini!
..."Aku tak kuat?" keluh Olivia. “Kamu harus bertahan demi pertandingan kita. Semua harapan tergantung pada kekuatanmu,” lanjutnya.
Olivia mengangguk. Sebenarnya, dia sudah tidak bisa bertahan. Namun, rasanya ia sudah sulit bernapas. Ia tidak ingin mengecewakan harapan teman-temannya. Namun, entah mengapa ada kekuatan dalam dirinya yang membuatnya bertahan. Ia menguatkan diri supaya teman-temannya tidak khawatir. Ia berusaha berdiri dan berjalan ke tengah lapangan. ...

Konflik kutipan cerita tersebut adalah ...
A.     Olivia mengatakan jika dirinya sudah tidak kuat bertahan.*
B.     Sava memaksa Olivia untuk terus melanjutkan pertandingan.
C.     Olivia dan Sava sepakat untuk melanjutkan pertandingan.
D.     Teman-teman Olivia meminta supaya Olivia beristirahat.
15.  Perhatikan kedua kutipan novel berikut!
Kutipan 1
... Oto berhenti di muka rumah. Suparta turun, lalu membuka pintu di tempat duduk Ratna dan
membimbing tangan istrinya serta menurunkan dia dengan perkataan,
“Selamat datang ke pondok kita, Nana!” Ratna amat tercengang melihat papan yang dilekatkan di depan rumah, di bawah atapnya, yang berukir perkataan “RATNA”. ...
Kutipan 2
...”Tentu, telah saya sering saya mimikirkannya itu. Ada hati saya tertarik ke sana. Tetapi agaknya tertarik itu terutama disebabkan keinginan hendak tahu sesuatu yang belum diketahui. Kalau sudah tahu...takut saya kalau-kalau saya ingin pulang kembali ke pulau Jawa ini. Tetapi janganlah engkau susahkan benar, di mana engkau merasa senang, saya akan merasa senang di sisimu.” ...
Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut adalah ....
Kutipan Novel I                                   Kutipan Novel II

A.    Tokohnya ada empat orang              Tokohnya ada empat oran
B.    Amanatnya jelas                               Amanatnya tidak ada
C.    Latar tempatnya tidak jelas                Latar tempatnya jelas
D.   Sudut pandang orang ketiga              Sudut pandang orang pertama*
16.  Perhatikan ilustrasi berikut!
Ketua OSIS SMP Mandiri  akan melaksanakan bakti sosial. Ia mengundang ketua kelas 7, 8, dan 9 untuk persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut.
Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
A.     Harap segera mengumpulkan bahan makanan untuk kegiatan bakti sosial.
B.     Seluruh ketua kelas, harap ke ruang OSIS untuk rapat persiapan bakti sosial.*
C.     Bakti sosial akan segera dilaksanakan, harap berkumpul untuk rapat persiapan.
D.     Segera dikemas baju bekas layak pakai yang akan disumbangkan ke yayasan.
17.  Perhatikan beberapa kalimat berikut!
1.     Pemimpin upacara menyiapkan barisan.
2.    Bel masuk sekolah berbunyi tiga kali.
3.    Semua siswa kumpul di lapangan upacara.
4.    Setelah 1 jam,  akhirnya siswa kembali ke kelas.
5.    Pembina upacara memberi pidato tentang Hardiknas.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….
A.    (3) - (1) - (4) - (5) - (2)
B.    (2) - (1) - (5) - (3) - (4)
C.    (3) - (4) - (1) - (5) - (2)
D.   (2) - (3) - (1) - (5) - (4)*
18.  Bacalah bacaan berikut!
Jakarta identik dengan kemacetan lalu lintas. Jika lalu lintas tidak macet, itu bukan Jakarta namanya. Menghabiskan waktu satu dua jam untuk berangkat kerja dan pulang ke rumah itu adalah tantangan yang sehari-hari dihadapi oleh warga Jakarta.
Kita harus mengurai sebab kemacetan lalu lintas di Jakarta. Keinginan untuk mengurai kemacetan itu bukan tidak ada. Hanya kita belum tahu dari mana harus memulainya. Persoalannya, macet di Jakarta itu bukan hanya karena pertambahan jumlah kendaraan bermotor. Tetapi juga karena tidak seimbang dengan pertambahan panjang ruas jalan dan masih ada banyak faktor yang tumpang tindih.
Rangkuman dari bacaan tersebut adalah ...
A.    Jika tidak macet, itu bukan Jakarta namanya.
B.    Kemacetan lalu lintas di Jakarta harus diurai penyebabnya.
C.    Keseimbanganya jumlah kendaraan dengan panjang ruas jalan.
D.   Kemacetan di Jakarta sudah sulit untuk dicari apa penyebabnya.*
19.  Perhatikan ilustrasi berikut!
Kebakaran rumah terjadi di Jalan Sunan Bonang No. 16 Jambi. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Kejadian itu pada pukul 00.15, Jumat, 30 Desember 2011. Penyebab kebakaran masih diselidiki.
Paragraf teks berita yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.     Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Jambi. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Polisi sedang menyelidiki penyebab musibah kebakaran tersebut.*
B.     Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya pukul 12.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
C.     Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Jambi. Penyebab kebakaran diduga kompor meledak. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
D.     Jumat, 30 Desember 2011 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi musibah kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Ada dua korban jiwa yang tidak tertolong.
20. Perhatikan ilustrasi berikut!
OSIS SMP Katolik Santu Petrus mengadakan Lomba Membaca Alkitab. Tujuannya ingin meningkatkan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.     Lomba Membaca Alkitab tingkatkan rasa kesenian.
B.     Dengan Lomba Membaca Alkitab, kita tingkatkan iman.*
C.     Dengan lomba Membaca Alkitab kenalkan budaya daerah.
D.     Lomba Membaca Alkitab pertebal rasa budaya kebangsaan.
21.  Bacalah tema berikut!
Tema karya ilmiah: Perpustakaan digital penunjang kegiatan pembelajaran
Rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah …
A.     Siapa saja pengurus perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?
B.     Di mana terdapat perpustakaan digital yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran?
C.     Mengapa perpustakaan digital sangat diperlukan keberadaannya di sekolah-sekolah?
D.     Bagaimana peran perpustakaan digital dalam menunjang kegiatan pembelajaran?*
22. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Berdasarkan penelitian, masalah kemacetan lalu lintas pada jam-jam sibuk dapat dikurangi bila pengendara berdisiplin dalam berlalu lintas.
Saran yang tepat berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah …
A.    Pengendara wajib menyadari pentingnya disiplin berlalu lintas.*
B.    Sebaiknya sarana jalan raya di perluas sehingga kendaraan lancar.
C.    Pemerintah sudah mengupayakan pelebaran sarana angkutan darat.
D.   Pemerintah selama ini sudah tertib menjalankan disiplin lalu lintas.
23. Cermatilah kalimat berikut!
Sumbangan yang dalam bentuk daripada buku semacam ini layak agar dipertimbangkan.
Kalimat tersebut akan efektif bila dihilangkan kata ….
A.     yang, layak, agar.
B.     yang, daripada, agar*
C.     dalam, bentuk, daripada
D.     bentuk, daripada, buku
24. Bacalah paragraf berikut!
Kota Lisboa di Portugal juga pernah mengalami tsunami hebat. tepatnya pada 1 November 1755 yang menewaskan lebih dari 60 ribu jiwa. Jauh sebelum tsunami Aceh (Desember 2004) dan kepulauan Mentawai (Oktober silam). Selat Sunda pernah mengalaminya setelah Gunung Krakatau Meletus pada 27 Agustus 1883.
Perbaikan penulisan huruf yang tepat pada paragraf tersebut adalah ....
            Tertulis                                               Perbaikan
A.    Lisboa, tsunami, tepatnya                        lisboa, Tsunami, Tepatnya
B.    tepatnya, Sunda, Gunung                        Tepatnya, sunda, gunung
C.    tepatnya,  kepulauan,  Meletus               Tepatnya, Kepulauan, meletus*
D.   tsunami, Selat, Meletus                            Tsunami, selat, meletus

25. Bacalah bacaan berikut ini!
       Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perpustakaan sekolah sebagai sumber pembelajaran ternyata masih jarang dikunjungi siswa karena beberapa penyebab. Penyebab tersebut adalah koleksi perpustakaan yang kurang lengkap ruangan perpustakan kurang kondusif dan masih kurangnya minat baca siswa
Penggunaan tanda baca yang tepat untuk kesimpulan tersebut adalah ....
A.     Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma (,).  Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.  Tanda baca koma (,) setelah kondusif.  Tanda baca titik (.) setelah kata minat.
B.     Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma (,).  Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.  Tanda baca koma (,) setelah kondusif.  Tanda baca titik (.) setelah kata siswa. *
C.     Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma (,).  Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.  Tanda baca koma (,) setelah kondusif.  Tanda baca titik (.) setelah kata ruangan.
D.     Setelah kata penelitian diberi tanda baca koma (,).  Tanda baca koma (,) setelah kata lengkap.  Tanda baca koma (,) setelah kondusif.  Tanda baca titik (.) setelah kata koleksi.
26. Bacalah pantun berikut!
Kalau hendak menggulai kerang
Jemur dahulu supaya merekah
[...]
Berlaku jujur dalam bertingkah
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A.     Kalau hendak dihargai orang*
B.     Mari kita semua bersyukur
C.     Sifat jujur modal utama
D.     Ingin jadi anak baik
27. Perhatikan kutipan puisi berikut!
Sungai Batanghari
Tempat nelayan mencari ikan
Sebagai sarana lalu lintas
Geliat ekonomi di nadimu

Seiring berlalunya [...]
Kini, usiamu smakin tua
Senyummu tak lagi [...]
Oh Sungai Batanghariku...
Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A.     waktu, berseri*
B.     muda, waktu
C.     berseri, muda,
D.     waktu, muda
28. Perhatikan kutipan puisi berikut!
Laut yang indah
Ombak berkejaran
[...]
Tak kenal lelah
Terus berlari-berlari
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi tersebut  adalah .
A.     Perahu para nelayan
B.     Putih warna pasir*
C.     Berlari ke pantai
D.     Langit cerah sekali
29. Majas yang menonjol dalam larik kutipan puisi di atas adalah...
A.    Majas hiperbola                                        C. Majas ironi
B.    Majas persinifikasi*                                   D. Majas alegori
30. Cermatilah bait puisi berikut!
Bintang
Malam itu […]
Kau penuhi pesona langit
Terangi hamparan bumi
Keindahan dan kekuatanmu
Begitu sempurna menawan hati

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi bait puisi tersebut adalah …
A.    planet bintang
B.    bintang terang*
C.    bintang di langit
D.   kau tak tidur


II. Cermatilah puisi berikut ini, kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
                        Penantian Tak Berujung
Dalam termangu aku menunggu
Wahai belahan hati yang tak kunjung menyapa
Kumenanti bersama lantunan rindu
Petikanan gitar dengan nada senada

Goresan pena meliuk-liuk menari
Tuangkan segala gundah di hati
Sperti pungguk yang tak lelah menanti
Datangnya sang pujaan hati

Angin malam berbisik lembut
Sampaikan kerinduan yang manampar hati
Perasaanku menjadi kusut
Gundah gulana perih di hati

Penantian ini seperti tak berujung
Tanpa tempat perhentian yang pasti

1.     Tuliskan larik-larik bermajas yang terdapat dalam larik puisi di atas!
Jawaban:
§  Wahai belahan hati yang tak kunjung menyapa
§  Kumenanti bersama lantunan rindu
§  Goresan pena meliuk-liuk menari
§  Sperti pungguk yang tak lelah menanti
§  Datangnya sang pujaan hati
§  Angin malam berbisik lembut
§  Sampaikan kerinduan yang manampar hati
§  Perasaanku menjadi kusut

2.    Jelaskan sajak yang dugunakan pada bait 1,2, da 3!
a.    Sajak bait ke-1  : a-b-a-b
b.    Sajak bait ke-1  : a-a-a-a
c.     Sajak bait ke-1  : a-b-a-b
3.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.     Apa yang diceritakan dalam puisi!
Sesorang yang sedang menanti kekasihnya yang tidak kunjung hadir dan seperti menantikan sesuatu yang belum pasti.
Bagaimana suasana yang tergambar dalam puisi? Puisi di atas menggambarkan suasana yang sedang sedih. Dapat dilihat dari lirik yang menyatakan “Perasaan menjadi kusut”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar